Sabtu, 29 Januari 2011

Syekh Qodir zaelani yang disegani


Namanya Muhy  al-Din Abu Muhammad Abdul Qadir ibn Shalih Zango Dost al-jaelani, yang sering di sebut dengan syeikhabdul Qadir jaelani lahir di jailan atau kailan pada tahun 470 H/1077 M.
Dalam usia 8 tahun ia sudah meninggalkan jailan menuju baghdad pada tahun 478 H/1085 M, karena tidak di terima belajar di madrasah nizhamiyah baghdad, beliau meninggalkan tanah kelahiran, dan merantau ke baghdad pada saat beliau masih muda, di baghdad beliau belajar kepada beberapa para ulama, seperti ibnu aqil dan abul khatthat, lalu beliau di beri kepercayaan untuk mengelola sekolahan di serahkan sepenuhnya kepada syeikh abdul qadir jaelani, beliau mengelola sekolahan tersebut dengan sungguh-sungguh. Beliau di sana sambilmembrikan nasihat kepada orang-orang yang ada tersebut, banyak sudah orang yang bertaubat setelah mendengar nasehat beliau.
Murid-murid beliau banyak yang menjadi ulama terkenal, seperti Al-hafidz ‘Abdul ghani yang menyusun kitab undatul ahkam fi kalami khoiril ‘anam. Syekh abdul qadir zaelani adalah seorang syekh yang diagungkan oleh para banyak syekh. Beliau banyak memiliki keutamaan dan karomah, seperti, bisa menghidupkan kembali ayam yang telah menjadi tulang berulang. Syekh abdul qadir zaelani juga dikenal sebagai pendiri sekaligus penyebar salah satu tarekat terbesar di dunia yang bernama tarekat Qodiriyah..
Pada tahun 521H – 1127M dia membuat fatwa dalam semua mazhab sehingga ia di kenal oleh masyarakat luas. Dia seorang tokoh Sufi besar yang disegani setiap orang di dunia karena dia menghabiskan hampir seluruh waktunya untuk berkeliling dunia menjadi sufi sambil berdakwah.

By. Zaelani_243    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar