Kamis, 22 November 2012

MENGAPA KITA HARUS MEMPUNYAI IDOLA


MENGAPA KITA HARUS MEMPUNYAI IDOLA?

By. Ilham Cahyadi

Jika melihat televisi lalu melihat sosok seorang public figure, tokoh agama lalu kita bisa bertemu langsung dengan mereka, tentu kita akan sangat senang, karena salah satu dari mereka adalah Idola kita. Lalu siapakah idola kita saat ini?
Tentu, masing-masing kita semua mempunyai idola. Dan setiap kita pula selalu mempunyai alasan ketika memutuskan untuk mengidolakan seseorang. Mengapa kita mengidolakannya? Lalu tentu saja kita ingin bertemu dengan sang Idola,..Bukan!
Baiklah, sekarang mari kita melihat seberapa penting sebuah alasan ketika kita meng-idolakan seorang idola? Lalu tiba-tiba tercetus di kepala kita ingin seperti mereka atau hanya sekedar mengaguminya saja.
Mari kita lihat sejenak beberapa hal yang harus kita pertimbangkan saat kita memutuskan ketika meng-idolakan seseorang.
Pertama, Kenyataannya, baik kita sadari ataupun  tidak, seorang idola itu hanyalah manusia biasa yang memiliki sisi positif maupun negative dalam dirinya.  Idola mempunyai sikap dan tingkah laku yang baik maupun buruk, Apa masing-masing kita tahu, bahwa idola kita punya sifat baik atau pun buruk? Jika belum tahu, ada baiknya kita segera mencari tahu sisi baik dan buruk sosok yang sedang kita idolakan.
 Misalnya Tokoh Musik Reaggea, Bob Marley yang terkenal sangat cerdas dan fenomenal namun ternyata juga penghisap aktif Cannabis Sativa atau dikenal dengan Ganja, ini bagian hal yang penting untuk diketahui oleh setiap fans beratnya Bob Marley, karena bagaimana pun  Ganja adalah benda yang termasuk dalam zat-zat aditif yang terlarang digunakan.
Dibalik sisi buruknya Bob Marley, kita juga bisa melihat bahwa Marley sangat jenius, terlihat dari kemampuannya yang bisa memainkan banyak alat music, termasuk gitar, saxophone, percusi, piano dll. Selain itu juga Marley memiliki banyak penghargaan yang dari berbagai pihak atas karya-karyanya dalam dunia music.
Kedua, Melihat kenyataan seperti di atas , lalu apakah kita akan mengikuti keseluruhan perilaku sang idola atau tidak? Kenyataannya, para remaja saat ini kebanyakan akan mengikuti setiap perilaku tokoh yang diidolakannya baik itu buruk atau pun baik
Sebaiknya kita harus cerdas dan bijaksana ketika kita meng-idolakan seorang tokoh. Bagi pencinta musik reaggea harus skip bagian Marley yang suka menggunakan ganja, apalagi sebagai seorang muslim kita paham sekali bahwa Ganja memiliki hukum haram. Alasan inilah yang tidak boleh kita ikuti, kendatipun begitu tergila-gilanya kita pada si tokoh Reaggea yang keren ini.
Ketiga, Kemudian siapakah yang pantas kita idolakan? Dan mengikuti sikap perilaku terpujinya?
Sebagai seorang muslim kita wajib percaya bahwa hanya Nabi Muhammad SAW saja sebagai sosok pejuang dan pembela agama islam yang patut kita idolakan. Beliau memiliki perilaku yang terpuji dan semua prilaku beliau patut kita ikutinya.
            Jadi memiliki idola seorang public figure itu sah-sah saja. Apalagi jika seorang idola mampu memotivasi kita untuk berkarya, melakukan hal-hal yang berguna seperti yang mereka lakukan, namun juga tak terlepas dari penyaring untuk diri kita sendiri agar pintar-pintar memilih-milih mana saja yang patut dicontoh atau sebaliknya.
            *****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar